Berburu Makanan Halal di Bangkok

Saat Travelling kesuatu daerah pasti ada keingin untuk mencicipi masakan lokal atau khas dari daerah tersebut. Hanya saja kalau kita perginya ke tempat yang mayoritas penduduknya non muslim, agak sedikit susah nyari makanan halal, termasuk Bangkok. Saat pertama ke Thailand saya menggunakan jasa travel, jadi semua udah diurusin sama agen. Setelah ke bangkok lagi dengan cara mbolang mulailah cari referensi makanan halal disana. Alhamdulillah sudah banyak tempat makan halal di negara ini. Dan inilah beberapa tempat makan yang kemaren sempat saya kunjungi.

1.Yana Restaurant (Thai and International Halal Food)


Restoran ini ada di MBK Mall yang merupakan mall favorit pelancong buat belanja oleh oleh-oleh atau sekedar shoping. Kalau sudah lapar dan capek belanja bisa mampir kesini. Lokasinya di lantai 5 tepat di depan 'Food on Fifth' food court. Btw di Food on Fifth bagi turis bisa dapat ice tea gratis kalo menunjukkan paspornya. lumayanlah...
Yana Restaurant ini menyajikan menu lokal dan internasional, dan pilihannya banyak. Untuk harga dan menu bisa cek langsung di webnya, ini webnya.

2. Saman Islam Chatucak
Kalau Sabtu dan Minggu di Bangkok rasanya nggak afdol kalau nggak mampir ke pasar kaget 'Chatucak'. Pasar serba ada ini memang bikin nagih, rasanya nggak cukup cuma sehari kesini pasti pengen balik dan balik lagi. Alhamdulillah, disini sudah banyak warung halal, jadi nggak bingung kalau kelaparan. Salah satunya yang paling sering di rekomendasikan adalah kedai 'Saman Islam'. Memang dibandingkan tempat yang lain, disini lebih ramai, luas dan banyak pilihan makanannya.


Lokasinya di section 16, tapi karena Pasar Chatucak ini luas banget agak susah nyari tempatnya. Biar lebih gampang cari 'Clock Tower' yang berada di tengah-tengah pasar, dari situ tinggal jalan lurus ke arah berlawanan dari Foto both (yang biasanya dibuat foto). Udah tinggal tengok kanan-tengok kiri. Harusnya dia disebelah kanan jalan dari sini, asal nggak kesasar. Harganya sekitar 100-200 bath. Jangan kaget kalau makanan dan minuman disini ukurannya big size.

3.The Manhattan Fish Market Central World
Sebelum borong ke Big C, kemaren sempat jalan ke Central World dulu buat cuci mata, iya cuci mata aja karena disini nggak beli apapun. Berhubung udah mulai laper, kita browsing halal food di Central world, dan nemulah The Manhattan Fish market. Sebelum pesan kita pastikan dulu halal enggaknya, mbaknya bilang memang disini nggak ada sertifikat halalnya tapi semua olahan dari seafood dan tidak menggunakan bahan2 yang tidak halal. Oke bisa diterima, apalagi mbaknya juga berjilbab jadi semakin yakin bisa makan disitu.

Letaknya di Central World Mall lantai 7. Jika bingung coba cari di peta yang biasanya ada didekat escalator. Sesuai namanya disini menyediakan menu ikan dan sea food. Harganya juga bervariasi mulai dari 80 bath, rata2 100an bath (sebelum pajak).

4. Buah Segar
Negeri seribu pagoda ini merupakan negara Tropis yang terkenal dengan buah segarnya. Hampir di setiap tempat kita bisa menemukan penjual buah. Mangga potong, jambu, buah naga, pisang, dll tinggal pilih saja semuanya fresh dan gede2. Buat para food combiner its a holy for breakfast.

5. Mango Sticky Rice
Kalau ditanya makanan apa yang harus dicoba di Thailand, jawaban saya adalah Mango sticky rice. Why? menurut saya makanan ini unik, ketan dan mangga dipadu sama santan. firstly i think its imposible but amazing taste. Manis, segar dan enak banget. You must try, dan insyaAllah halal karena produk nabati semua.

0 comments: